Membuat Profil LinkedIn yang Menarik

adult-business-computer-2422286
0

Saat ini banyak cara yang dapat dilakukan oleh recruiter untuk menjaring kandidat terbaiknya seperti menyebarkan lowongan pekerjaan melalui berbagai media dan pencarian talent. Bagi para pencari kerja pun saat ini banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan impian sehingga dapat lebih mudah terhubung dengan para perekrut. LinkedIn menjadi salah satu platform jejaring sosial yang tampil berbeda dari yang lain (Edwards, dkk., 2015). LinkedIn bertujuan untuk membangun koneksi profesional yang memudahkan proses pencarian kandidat. LinkedIn sering digunakan recruiter untuk menyebarkan informasi lowongan pekerjaan sekaligus mencari kandidat terbaik yang mereka inginkan.

Data yang dikumpulkan oleh LinkedIn menyatakan 77% recruiter memanfaatkan LinkedIn pada tahun 2019. Terdapat 610 juta member dan terdapat 121 juta kunjungan setiap harinya (sumber: 99firms.com). Oleh karena itu saat ini LinkedIn masih menjadi yang paling populer di kalangan profesional. Sebagai pencari kerja, tentunya kita ingin agar profil yang kita tampilkan mendapat perhatian dan menonjol di antara pencari kerja lainnya. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan profil LinkedIn kalian menurut Forbes:

  1. Selalu berikan informasi paling baru mengenai diri kalian terutama keahlian yang kalian miliki sebagai headline profil kalian. Tulis dengan spesifik seperti “Human Resource Manager at 9cv9” . Hindari menuliskan jabatan terlalu general seperti, “Manajer di PT X”, sebutkan kalian bekerja sebagai manajer pada posisi apa.
  2. Lengkapi profil kalian dengan latar belakang dan kemampuan kalian. Cantumkan juga kata kunci yang populer dengan latar belakang dan bidang pekerjaan yang kalian miliki. 
  3. Jangan lupa untuk berikan deskripsi singkat tentang pekerjaan atau posisi yang pernah kalian jalankan sebelumnya. Cantumkan juga foto maupun sertifikat atau penghargaan yang pernah kalian 
  4. Manfaatkan bagian tambahan yang tersedia di LinkedIn. Publikasi, sertifikasi, kemampuan, kursus, maupun yang lainnya. Semakin banyak informasi yang kalian berikan akan menjadi nilai tambah di mata perekrut karena tidak jarang mereka mencari kandidat yang memiliki kemampuan tertentu.
  5. Endorsement! Siapa sih yang masih asing dengan kata tersebut? LinkedIn punya fiturnya. Kalian bisa meminta teman kalian maupun atasan kalian di kantor untuk memberi penilaian terhadap kemampuan kalian, baik dalam kemampuan bekerja ataupun tentang kehidupan sehari-hari kalian. Adanya pengakuan dari orang lain membuat profil LinkedIn kalian semakin atraktif.
  6. Cantumkan kontak kalian. Ini sebagai cara agar perekrut dapat menghubungi kalian lebih mudah.
  7. Selalu cek dan dan perbarui profilmu. Jika kalian baru saja menyelesaikan suatu kursus misalnya, kalian bisa tambahkan di profil LinkedIn kalian dan apabila kalian adalah pencari kerja aktif, tentunya selalu cek halaman LinkedIn dan kontak yang kalian cantumkan.

Tujuh poin yang tidak sulit untuk dilakukan namun butuh waktu dan sedikit usaha. Jika kalian masih bingung bagaimana cara mencari pekerjaan yang kalian inginkan, kalian bisa mulai dengan poin-poin di atas atau dengan mengirimkan email ke hello@9cv9.com untuk mengetahui lowongan pekerjaan yang sesuai dengan diri kalian. Kami adalah platform yang akan menghubungkan kalian dengan para recruiter di Asia dengan mudah.

Sumber:

Iiham adalah karyawan magang di 9cv9 Indonesia. Di waktu luangnya, ia suka minum secangkir kopi Indonesia yang enak.

Related Blogs

  • Aug 29, 2019
    Part 2: How GOJEK…

    An overburdened codebase, an updated tech stack, a big rewrite— how a lean team built the foundation for a Super App This is Part 2..

    0 Read More
  • Aug 27, 2019
    Part 1: How GOJEK…

    The story of GOJEK’s first ever team, and consequently, the psyche of how 200 engineers run a Super App of 18+ products. Disclaimer: This story..

    0 Read More
  • Aug 23, 2019
    How to Make your…

    Recruiters, Hiring Managers and C-Level Directors are constantly on a search for the right candidates to join their organisation in many ways. Job posting and..

    0 Read More

Leave us a comment

logged inYou must be to post a comment.